Profesi Hot: YouTubers


Salah satu profesi baru yang hot 2-3 tahun terakhir ini dan paling berpotensi menghasilkan uang banyak adalah YouTubers selain Bloggers, VBloggers, Instagramers, Twitterers, Facebookers, Wasapers, TikTokers, sampai buzzers. 

Profesi ini tidak memerlukan ijasah maupun sertifikat. Lebih banyak melalui learning by doing, observing, dilanjut dengan practice, practice, and practice. Malah bonek alias "bondo nekat" mungkin lebih joss.

Apakah perlu belajar terlebih dahulu dari marketing gurus agar paham product, price, segment and place, atau 7S of marketing (structure, strategy, skills, staff, style, system and shared vaue) atau justru belajar IT dulu?  Kalo ya kapan dong bisa segera mulainya, dan tentunya hanya sarjana dan alumni perusahaan seperti IBM, Microsoft, Google, Yahoo, dsb yang akan jadi duluan.

Kenyataannya tidaklah demikian, kebanyakan sarjana lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat kompleks. Gelar menjadi keunggulan pembeda ditengah masyarakat dimana pendidikan baik masih menjadi barang mewah karena mahal.  Harapannya selepas sekolah mendapat pekerjaan bergengsi, bergaji tinggi, dan tetap pula.  Profesi tidak harus sejalan dengan ilmu yang dipelari di sekolah. Misalnya ahli pertanian jadi  bankir, sarjana agama menjadi pengurus bisnis, sarjana planologi menjadi budayawan/pengamat politik, MBA menjadi pemburu rente, ilmuwan/cendekiawan menjadi politisi, dokter mengurus IT, insinyur mengurus kesehatan masyarakat, dsb. Tidak perlu ditanyakan siapa yang merugi. Mungkin juga tidak ada yang peduli.

Pertanyaan sekarang, pada era Disrupsi dengan PSBB yang sudah 14bulan lebih berjalan apakah paradigma tersebut akan tetap berlaku. Apapun profesinya yang penting sekarang ada revenue (dan sebisa mungkin halal) karena money is not everything  namun everything needs money! Main saham, forex, perlu belajar dulu dan ada learning curve nya minimal setahun sebelum cukup paham, serta harus siap melalui masa merugi dulu sebagai bagian dari pembelajaran.

Atta Halilintar adalah satu contoh YouTubers yang sukses. Usia 26tahun sudah masuk top 20 YouTubers kelas dunia, dengan jumlah subscribers mendekati 30juta. Pajak penghasilan yang dibayarkan tahun lalu konon mencapai Rp 25 milyar. Berapa penghasilannya  silahkan hitung sendiri. 

Tahukah anda apa konten nya? ternyata saya juga baru tau dia seorang penyanyi yang memposting lagu-lagu berbahasa Jawa campuran menggunakan gaya dan bahasa musik a la anak muda jaman now. Memang akrab dengan telinga sebagian besar masyarakat seusia dia yang jumlahnya puluhan juta di Indonesia. Bahkan sampai pekerja diluar negeri yang mengerti bahasa Jawa seperti Suriname, Timur Tengah.

Atta mungkin tdak pernah juara Indonesian Idol, bahkan mungkin tidak pernah ikut. Namun kesuksesannya tidak mudah diikuti oleh juaranya.

Selamat pagi kawan-kawan, hope you have a good day !



Comments

Popular posts from this blog

SUNYI DI TENGAH REPUBLIK

Jejak Imlek di Benteng Heritage

BUMN, Pekerjaan, dan ROI Kekuasaan