KALO JACK MA ORANG INDONESIA
Kenapa kok bukan Elon Musk? ya dia kan Caucasian, beda kultur jauh. Kalo Jack Ma kan Asian seperti orang kita, masih mirip-mirip.
Kalo Jack Ma (Ma Yun) orang Indo, mungkin dia sudah lama ditawari jabatan menteri. Menjadi regulator, pembina, sekaligus pengarah pembangunan bangsa. Bidang apa? ya karena sudah terbukti membangun Alibaba group mungkin cocoknya jadi menteri urusan e-marketplace. Ada dagangnya, ada ITnya, ada corporate leadershipnya, ada terobosan-terobosan inovasinya yang belum pernah dilakukan siapapun sebelumnya. Tapi jabatan menteri urusan e-marketplace gak ada tuh disini. Menteri riset dan teknologi... hmm mungkin cocok juga.
Kalo melihat perjalanan hidupnya juga sangat menarik. Belajar bahasa Ingris sendiri. Menjadi tourist guide untuk latihan bahasa sekaligus mencari makan. Terus berjuang hingga menjadi sukses seperti sekarang ini. Latar belakang akademisnya juga biasa saja. Wah pokoknya profilnya cocok sekali mewakili wong cilik yang sudah sukses dengan nama besar dunia pula.
Apa kata dia, mungkin sudah paling benar. Ngerilah orang untuk berbeda pendapat dengannya. Track recordnya sudah sangat meyakinkan. Jangan-jangan dia lebih besar dan hebat dari Doktor BJ Habibie yang sudah sangat hebat itu.
Orang sekaliber dia, kalo menangani masalah Covidpun pasti manjur. Tidak usah panggil Elon Musk untuk bantu.
Comments
Post a Comment