Nicolette & Conrad
Dua nama tersebut mengingatkan orang pada karakter Saijah & Adinda, Romeo & Juliet, atau Sam Pe & Eng Tay. Beda sikon tentu, beda tantangan, beda gaya.
Nic & Conrad adalah pasangan nurse dan dokter resident (disini disebut Program Pendidikan Dokter Spesialis - PPDS) yang kesehariannya menghadapi situasi penting genting (urgent important) orang sakit yang datang ke Chastain Park Memorial Hospital ruang Emergency.
Ya itu sebuah serial Netflix dengan judul The Resident.
Sebagai tontonan, serial ini menyuguhkan situasi yang cukup realistis dari kehidupan para resident yang merupakan tulang punggung jalannya rumah sakit sehari-hari. Tidak beda dengan Indonesia.
Kurang lebih romantika dinamika kehidupan dokter dan nakes ya begitu. Ada perundungannya, bisnisnya, keterbatasan rumah sakit yg harus tetap bertahan hidup, politicking, disrupsi teknologi, generation gap, idealisme dst.
Yang membedakan barangkali derajat ke-"kampungan"-nya. Semakin beradab masyarakatnya semakin smooth. Karena hidup bagaikan sebuah cermin masyarakatnya. "Life is a mirror".
Tidak ada resident yang disuruh belikan makanan, disuruh mengerjakan hal-hal tidak ada hubungan dengan kedokteran oleh seniornya atas nama latihan mental seolah kurang kreatif mencari cara lain yang lebih berguna:))
Barangkali yang namanya perundungan/perploncoan sudah menjadi kecenderungan dari manusia. Dari yg lebih senior terhadap juniornya. Yang dapat mengontrol dan mengaturnya adalah kesadaran lebih tinggi (higher conscience), kebijaksanaan dalam menimbang manfaat dan mudharat. Ingat, "..what goes around comes around.." - George Santayana. Apa yang ditabur jangan-jangan akan kembali kalau tidak ke diri sendiri, ke anak cucu. Kalo baik syukurlah. Kalo tidak kan kesian anak cucu.
Perundungan terjadi dimana-mana, bahkan dalam sebuah keluarga. Yang sulung mengharap adik-adiknya kudu nurut padanya seolah dialah pengganti figur ayah, betapapun konyolnya dia dalam mengatur hidupnya sendiri. Apakah ini jabaran dari struktur sosial feodal, kasta? entah.
Selanjutnya silahkan saksikan acting Nic & Conrad selanjutnya.
Cheers !

Comments
Post a Comment